Jumat, 21 September 2012

Akhirnya Militer Indonesia Segera Diperkuat Heli Apache


(Reuters) - Amerika Serikat mengatakan pada hari Kamis akan menjual Indonesia delapan AH-64 / D Apache helikopter untuk memperkuat hubungan keamanan dengan negara terbesar di Asia Tenggara dan paling padat penduduknya di dunia dengan penduduk mayoritas muslim 

Menlu Hillary Clinton
 

Menteri Luar Negeri Hillary Clinton, berbicara selama pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa di Washington, mengatakan Kongres telah diberitahu tentang niat untuk menjual pesawat.
heli serbu Apache
"Perjanjian ini akan memperkuat kemitraan komprehensif dan membantu meningkatkan keamanan di seluruh wilayah," kata Clinton.
Pemerintah Presiden Barack Obama telah berusaha untuk menopang hubungan pertahanan dengan Indonesia karena sangat fokus perhatiannya terhadap Asia-Pasifik setelah sekian lama berperang di Irak dan Afghanistan.
Amerika Serikat telah meningkatkan kerjasama militer dengan sekutu tradisional seperti Filipina dan Australia, dan bergabung dengan upaya regional untuk menekan China untuk menerima kerangka multilateral untuk menyelesaikan sengketa teritorial flaring di Laut Cina Selatan.
Menlu Clinton tidak mengungkapkan perkiraan biaya untuk kesepakatan Apache, yang media di Indonesia telah melaporkan telah bekerja selama berbulan-bulan. Jenis helikopter penyerang, yang digunakan oleh militer di seluruh dunia buatan  Boeing.
Amerika Serikat tahun lalu mengumumkan pihaknya telah memberikan dua lusin pesawat F-16 bekas kepada Indonesia , dan Jakarta   membutuhkan biaya $ 750 juta  untuk meretrofit mendekati model  pesawat tempur mutakhir dan mengoverhaul mesinnya.
Para pejabat AS mengatakan pengiriman hardware AS akan meningkatkan kerjasama dan berbagi informasi antara militer AS dan Indonesia karena mereka menghadapi ancaman keamanan bersama.
Pengumuman penjualan helikopter bersamaan dengan pertemuan Clinton dan Natalegawa di pertemuan komisi  reguler ketiga AS-Indonesia , dengan keduanya mengatakan bahwa hubungan antara kedua negara telah tumbuh lebih kuat.
Clinton, yang mengunjungi Indonesia bulan ini sebagai bagian dari tur Asia-Pasifik, mengatakan perdagangan atasnya $ 26 milyar tahun lalu dan bahwa Amerika Serikat akan investasi senilai USD 600 juta selama lima tahun ke depan dalam pengembangan energi bersih Indonesia, kesehatan anak dan program gizi dan pemerintah transparansi inisiatif di bawah program bantuan Milenium Challenge.
Indonesia termasuk di antara negara-negara terkena protes keras anti-Amerika  selama seminggu terakhir untuk memprotes video buatan AS dilihat sebagai penting Islam.
Clinton mengatakan bahwa Amerika Serikat telah memutuskan untuk sementara menutup fasilitas diplomatik di negara itu pada hari Jumat dalam kasus aksi protes meletus.
Tapi dia memuji Jakarta untuk respon terhadap krisis.
"Kami sangat berterima kasih atas tidak hanya kerja sama dan perlindungan yang telah diberikan kepada fasilitas kami, tetapi juga untuk laporan yang kuat mengutuk kekerasan," kata Clinton.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar